Rekomendasi Plugin Seo WordPress Terbaik Yang Banyak Digunakan

Hampir semua perusahaan atau perorangan yang memiliki website menginginkan website mereka bisa naik ke posisi terbaik di Google. Namun sayangnya masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk menaikkan peringkat di Google. Salah satu cara untuk menaikkan website di peringkat terbaik Google adalah dengan optimasi SEO On Page. Untuk SEO On Page ini kerap berkaitan dengan konten yang di publish pada WordPress. Ketika sebuah website tidak SEO friendly, maka website tersebut tidak akan muncul di mesin pencari. Hal ini tentunya akan memengaruhi baik buruknya traffic sebuah website. Tetapi hal ini bisa diatasi dengan bantuan plugin SEO WordPress yang tepat.

11 Rekomendasi Plugin SEO WordPress Terbaik

Untuk Anda yang ingin memasang plugin SEO, tapi bingung mau install yang mana. Berikut ini ada beberapa rekomendasi plugin SEO WordPress yang bisa dipilih.

  1. Yoast SEO

Merupakan plugin SEO gratis yang banyak diunduh di WordPress. Fitur yang diberikan oleh plugin ini sendiri pun terbilang lengkap dengan memberikan SEO analisis, related keyword, tag, deskripsi, focus keyword, dan masih banyak lainnya. Dengan lengkapnya fitur ini, maka Anda bisa membuat website menjadi semakin maksimal untuk bersaing di halaman pertama search engine. Selain memberikan fitur gratisan, Yoast SEO juga memberikan fitur berbayar atau Pro Yoast SEO. Di dalam fitur berbayar ini terdapat fitur tambahan seperti internal linking dan eksternal linking, dan redirection. Yang mana bisa menambah kekuatan website dengan backlink.

  1. All in One SEO Pack

Di dalam All in One SEO Pack ini memiliki fitur dimana bisa membuat website jadi lebih SEO friendly. Yang mana berupa dukungan Google Analytics, membuat sitemap XML, optimasi judul, meta tag, dan fitur-fitur lainnya. Plugin ini pun juga memudahkan banyak pemula. Namun untuk bisa memahami sampai terbiasa dengan plugin ini memang sedikit membutuhkan waktu. Apabila sedang menjalankan toko online memakai WooCommerce, maka plugin ini bisa menyediakan berbagai macam fitur tambahan. Seperti taksonomi dan materi video SEO.

  1. The SEO Framework

Untuk plugin ini tersedia gratis tanpa iklan atau anjuran upsell untuk upgrade paket yang dipakai. Plugin ini akan otomatis membuat judul, deskripsi atau URL canonical dan menjalankan fungsionalitas SEO. Salah satu kelebihan dari plugin ini adalah mudah dipakai. User bisa melakukan kustomisasi pengaturan plugin ketika menggunakannya.

  1. WP Super Cache

Sering dipakai untuk membuat file html statis pada website WordPress. Jika plugin ini sudah membuat file html pada server, nantinya kecepatan loading website akan meningkat lebih cepat dari sebelumnya. Apabila kecepatan website semakin meningkat, maka kesempatan pengunjung lebih lama di website pun akan lebih besar. Perlu diketahui bahwa search engine memang lebih suka dengan website yang memiliki kecepatan besar. Jadi nantinya bisa meningkatkan peringkat website.

  1. Google XML Sitemaps

Plugin ini digunakan untuk membuat sitemap XML, yaitu bisa membantu search engine seperti Bing dan Google melakukan index website secara lebih baik. Sitemap sendiri dipakai untuk memudahkan perayap search engine saat mengecek struktur website. Juga plugin ini bisa memberitahu search engine setiap ada postingan baru dibuat. Untuk plugin ini sendiri pun tersedia gratis, jadi bisa digunakan tanpa dikenakan biaya. Dimana bisa dipakai untuk blog pribadi atau website komersil.

  1. Broken Link Checker

SEO tidak hanya soal konten dan keyword saja. Di prakteknya, SEO juga bergantung pada keseluruhan UX (User Experience) di webstie. Jadi bisa dikatakan broken link dan gambar yang hilang nantinya akan menjadi halangan besar untuk performa SEO. Sebab Google akan membaca bahwa website Anda tidak dikelola dengan baik. Nah untuk mengatasinya maka bisa menggunakan plugin Broken Link Checker ini. Nantinya plugin ini akan mengumpulkan broken link dan gambar hilang dalam sebuah list. Untuk plugin ini juga memungkinkan melakukan tindakan mengedit dan menghapus link rusak. Juga bisa mendapatkan sebuah email jika ada masalah terdeteksi di website.

  1. All in One Schema.org Rich Snippets

Kemudian ada plugin All in One Schema.org Rich Snippets yang juga bisa dipakai untuk meningkatkan SEO website. Caranya dengan membuat ringkasan mengenai artikel halaman website di hasil pencarian. Ini tentunya akan membantu search engine menampilkan informasi utama. Misalnya gambar, rating bintang, penulis, dan harga. Jadi nantinya artikel akan jadi lebih menonjol di hasil pencarian. Untuk plugin All in One Schema.org Rich Snippets ini pun bisa didapatkan dengan gratis. Jadi tidak perlu mengeluarkan anggaran sama sekali.

  1. AMP for WP

Sebagian besar yang datang berkunjung ke website menggunakan perangkat mobile smartphone. Dimana Google memang menyarankan untuk pemilik website membuat versi AMP (Accelerated Mobile Pages) untuk tampilan versi mobile. Dengan adanya AMP maka website WordPress jadi lebih ringan dan cepat ketika diakses. Bahkan bisa meningkatkan kecepatan 10 kali lipat ketika diakses lewat smartphone. Seperti yang diketahui bahwa semakin cepat kecepatan sebuah website, maka akan berpengaruh pada SEO. Menggunakan plugin ini pun tidak sulit, bahkan untuk pemula sekalipun.

  1. Rank Math SEO WordPress

Selanjutnya ada Rank Math SEO WordPress besutan Mythemeshop, dimana plugin ini mempunyai semua sumber daya yang dibutuhkan dalam optimasi SEO WordPress. Untuk plugin ini mempunyai fitur dan pengaturan yang ditujukan untuk optimasi SEO on page gratis dengan banyak fitur otomatis. Jadi akan membantu memudahkan dalam pengoptimalan SEO pada website Anda. Plugin Rank Math SEO WordPress ini cocok dan bisa membuat website mendapatkan peringkat lebih baik di mesin pencarian.

  1. WordPress Social Sharing

Pakar SEO menyepakati bahwa media sosial juga memiliki peranan penting dan tidak bisa dipisahkan dari yang namanya konten dan blog. Kenyataannya memang social signal mempunyai pengaruh besar untuk peringkat SEO. Jadi jangan lupa untuk memakai plugin share social di situs website Anda. Dengan menambahkan fitur Share Social maka akan membuat pengunjung mudah membagikan konten ke media sosial. Hal ini pun memungkinkan untuk mendapatkan kunjungan dari media sosial dari berbagai akun pengunjung.

  1. Google Analytics

Mempunyai banyak data mengenai pengunjung situs website adalah hal yang tidak bisa dipisahkan dari SEO. Sebab data ini bisa dipakai untuk meningkatkan SEO website. Juga jadi bisa mengetahui kekurangan dan kelebihan dari website yang dimiliki. Selain itu juga bisa membantu mengetahui minat dan peluang bisnis yang bisa diterapkan pada situs. Google Analytics menjadi layanan Google terbaik yang dipakai untuk memantau dan mengumpulkan data pengunjung ke situs website.

Nah itulah beberapa plugin SEO WordPress yang bisa diinstal di situs website Anda. Dengan menggunakan beberapa plugin ini maka Anda bisa mengoptimalkan SEO dan meningkatkan peringkat website di search engine. Namun tetap pastikan untuk memilih plugin yang sesuai dengan kebutuhan tentunya.

Chat dengan kami melalui WhatsApp