Pengertian Link, Fungsi, dan Istilah-Istilahnya

Pastinya Anda sudah mendengar istilah link? Link ini erat kaitannya dengan website dan internet. Biasanya link dipakai ketika akan membagikan konten ke orang lain atau media social. Namun harus diketahui bahwa link ada banyak jenisnya.

Pengertian Link

Link merupakan alamat yang menghubungkan satu halaman ke halaman lain di internet. Dengan adanya link, maka akan memudahkan pemakai internet mengakses beragam informasi. Dengan klik link maka akan langsung diarahkan ke halaman website. Untuk tautan link bisa dibedakan dari teks biasa, dimana biasanya link akan berwarna biru dan mempunyai garis bawah pada teks. Anda bisa menyematkan link dalam sebuah teks biasa, gambar dan elemen HTML yang lainnya. Pemakaian link ini sangat penting dalam dunia digital marketing, terlebih SEO. Sebab link akan meningkatkan otoritas dan kepercayaan pemakai internet pada website. Terlebih lagi saat link memuat kata kunci sesuai dengan konten, serta berasal dari website terpercaya.

Fungsi Link

Nah berikut ini beberapa fungsi link yang harus diketahui dengan baik sebelum menerapkannya.

  • Membantu pengguna internet berbagi informasi dan data. Baik yang berbentuk tautan halaman, file, gambar dan atau lainnya.
  • Memudahkan pengguna internet mengakses informasi dan menelusuri informasi pada situs tersebut.
  • Melakukan bookmark data saat pengguna internet ingin membuka kembali informasi di sebuah website.
  • Menjadi identitas website dan menggambarkan isi konten.
  • Menghubungkan berbagai dokumen HTML di sebuah website.
  • Menemukan halaman web baru di search engine.
  • Membantu menentukan sebaik apa peringkat halaman di search engine.

Kekurangan Link

Dengan menggunakan link mamang bisa berbagi file media dan halaman bertaut, tetapi kadang sering dipakai oleh oknum untuk mendukung aksi yang tidak dibenarkan. Berikut ini beberapa kekurangan dari link:

  • Dipakai untuk mendapatkan inpres konten berlebihan dan tidak wajar, jadi dianggap sebagai spam.
  • Bisa menjadi akses kejahatan cyber yang bisa membuka seluruh informasi akun terkait di platform.
  • Merujuk pada informasi yang salah, beberapa website memakai fitur redirect atau pengalihan otomatis ke halaman lain yang umumnya cukup mengganggu dan tidak sesuai dengan informasi yang ingin didapatkan.
  • Informasi bisa tersebar dengan cepat, di sisi buruknya informasi hoax demikian pesat.

Istilah-Istilah Link

Seperti diketahui bahwa link mempunyai beragam istilah dengan arti yang beda-beda. Berikut ini penjelasan mengenai istilah link tersebut untuk Anda.

  1. Shortlink

Merupakan tautan website yang dibuat jadi lebih pendek. Jadi tautan yang awalnya panjang akan dipendekkan tanpa mengubah informasi di dalamnya. Fungsi shortlink adalah untuk mengurangi ukuran file HTML. Ada banyak situs shortlink yang bisa digunakan. Seperti bit.ly, tinyurl, dan goo.gl.

  1. Safelink

Merupakan tautan dengan komunikasi angka dan huruf yang kompleks. Yang bertujuan untuk mengamankan tautan dari website yang tidak diizinkan oleh server. Jika link diidentifikasi tidak aman, maka pengguna akan dibawa ke halaman yang akan menampilkan pesan peringatan.

  1. Broken Link

Adalah tautan halaman website yang tidak bisa diakses atau ditemukan oleh pengguna internet. Kondisi ini bisa terjadi karena berbagai alasan. Sebagai contohnya, ketika pemilik website salah memasukkan link, elemen rusak di halaman, atau adanya perubahan struktur link yang membuat 404 error.

  1. Spam Link

Adalah tautan yang muncul berlebihan dan menyalahi aturan dari sebuah platform. Biasanya spam link ini muncul di forum diskusi, komentar blog, dan situs online. Spam link biasanya juga tidak berkaitan dengan isi konten. Yang mana memiliki tujuan untuk mempromosikan website dari link tersebut.

  1. Backlink

Tautan dari sebuah website ke website lain. Google dan mesin pencari lain akan menganggap backlink sebagai sinyal otoritas atau tingkat kepercayaan pada suatu website. Itulah kenapa halaman website dengan jumlah backlink tinggi mempunyai peringkat mesin pencari dan trafik organik tinggi juga.

  1. Link Building

Termasuk ke dalam strategi SEO yang tujuannya mendapatkan link dari website berkualitas ke website sendiri. Fungsinya adalah untuk memperkuat otoritas halaman website di mesin pencari. Semakin banyak jumlah tautan yang diterima dari website yang berkualitas, maka semakin Google menganggap situs Anda ini terpercaya. Dengan begitu peluang masuk ke halaman pertama Google akan semakin besar tentunya.

  1. Internal Link

Merupakan tautan dai satu halaman ke halaman lain di dalam satu website yang sama. Yang mana digunakan untuk memudahkan pengunjung menemukan konten lain di website tersebut. Secara tidak langsung, pemakaian internal link ini juga bisa membantu meningkatkan peringkat halaman website di hasil pencarian. Ini karena internal link memudahkan bot melakukan crawling dan memahami konteks antar halaman website.

  1. External Link

Sesuai namanya, external link adalah kebalikan internal link. Alih-alih memasukan link yang merujuk ke website sendiri, external link mengarah ke halaman website lain. Umumnya external link ini akan dikaitkan dengan SEO. Saat website memberikan link pada website lain, Google akan berpikir bahwa halaman tersebut memiliki konten berkualitas. Ini akan memengaruhi rating dan peringkat halaman pada halaman SERP. External link ini juga disebut sebagai outbond link.

Jenis-Jenis Link

Selain istilah link yang harus diketahui, masih ada jenis-jenis link yang perlu diketahui juga.

  1. Absolute Address

Penulisan link dilakukan dengan menuliskan alamat dokumen atau halaman yang disertai alamat situs. Link ini harus ditulis dengan memakai jaringan internet. Absolute Address artinya membuat pintasan atau shortcut baru dari alamat situs tertentu. Biasanya link atau hyperlink ini mudah ditemukan pada situs website yang mencantumkan link pada dokumen atau tulisannya.

  1. Relative Address

Untuk penulisan link ini dilakukan dengan mencantumkan nama file dan path. Ketika menuliskan tidak membutuhkan jaringan internet. Relative Address sering dipakai dalam blog atau website.

Cara membuat Link atau Hyperlink

Mungkin masih banyak yang belum tahu bagaimana cara untuk membuat link. Di dalam buku berjudul Cara Mudah Mendesain Web untuk Pemula oleh Adhi Prasetio. Proses pembuatan link membutuhkan tag dan href (hyperlink reference). Pada proses pencantuman tag dan href bisa dilakukan pengguna tepat sebelum penulisan nama situs. Pembuatan hyperlink atau link bisa diterapkan pada web, program email, bookmark atau halaman pemrograman. Untuk membuat hyperlink atau link khusus di MS Word, PP, Excel pun mempunyai cara tersendiri disesuaikan dengan menu di dalamnya. Bisa juga menggunakan menu tab Insert dan memilih menu hyperlink atau link.

Di tahap mencantumkan link di tiga program komputer, maka pengguna bisa menggunakan absolute address atau link secara lengkap. Ini dimaksudkan ketika klik, mengetuk, atau menyentuh akan langsung mengarah ke web atau dokumen yang diinginkan.

Nah itulah hal-hal yang harus Anda ketahui dengan baik mengenai link. Dengan mengetahui hal-hal ini tentunya akan memudahkan Anda dalam memahami link dan pembuatan link yang disesuaikan kebutuhan.

Chat dengan kami melalui WhatsApp