Mengenal Apa itu CSS, Fungsi dan Jenisnya yang Perlu Diketahui

Orang-orang yang berkecimpung dalam dunia per-website-an tentunya sudah tahu banyak mengenai CSS. Tanpa CSS maka tampilan website akan menjadi kurang menarik. Yang mana membutuhkan upaya lebih jika ingin melakukan perubahan di elemen tampilan.

Apa itu CSS? Begini Penjelasan Lengkapnya!

CSS atau cascading style sheets merupakan bahasa yang dipakai untuk menentukan tampilan dan format halaman website. Dengan memanfaatkan CSS maka bisa mengatur jenis font, warna tulisan, sampai latar belakang. Untuk CSS sendiri digunakan bersamaan dengan bahasa markup seperti XML dan HTML.

Selain itu CSS bisa dipakai untuk mengatasi keterbatasan HTML ketika mengatur format halaman website. Jika hanya menggunakan HTML untuk membuat website dengan beberapa halaman. Maka harus menulis tag untuk elemen HTML di semua halaman. CSS sering dianggap sebagai bahasa pemrograman padahal lebih tepat disebut bahasa style sheet.

4 Fungsi CSS yang Perlu Diketahui

Meskipun umumnya CSS fungsinya untuk mengatur tampilan halaman website yang berbasis HTML atau bahasa markup lain. Namun CSS masih mempunyai fungsi lainnya, diantaranya sebagai berikut ini.

1. Mempercepat Loading Halaman

Saat website diatur menggunakan CSS maka kecepatan halaman website akan menjadi meningkat. Ini dikarenakan bisa menulis rangkaian kode untuk beberapa halaman website sekaligus, jumlah kode ini bisa diminimalkan. Yang mana membuat beban ketika loading pada website jadi lebih kecil.

2. Memudahkan Pengelolaan Kode

Memanfaatkan CSS maka tidak harus mengubah kode di tiap halaman jika ingin mengganti tampilan website. Contohnya ingin mengubah latar belakang semua halaman website, maka bisa mengedit kode CSS yang berkaitan latar belakang. Jika sudah selesai dan di save maka perubahan akan diterapkan pada semua halaman.

3. Banyak Variasi Tampilan

HTML memang bisa digunakan untuk mengatur tampilan halaman website, namun terbatas. Adanya CSS tentunya menawarkan lebih banyak style tampilan, jadi bisa bebas membuat antarmuka website. Contohnya bisa memanfaatkan CSS untuk membuat tombol berwana sesuai keinginan.

4. Membuat Tampilan Rapi

Selain itu CSS juga membantu membuat tampilan website jadi lebih optimal di berbagai ukuran layar. Baik di laptop atau di smartphone. Ini dikarenakan CSS mempunyai beragam property yang digunakan untuk mengatur tampilan konten sesuai kebutuhan layar.

Jenis-Jenis CSS yang Bisa Digunakan

Untuk jenisnya CSS ini mempunyai beberapa jenis yang dibagi menjadi tiga berdasarkan penempatan kode. Berikut ini jenis-jenis CSS yang perlu diketahui tersebut.

1. Inline CSS

Merupakan kode CSS yang dituliskan dalam file HTML. Untuk CSS ini hanya akan memengaruhi satu baris kode HTML saja. Oleh sebab itulah jenis CSS ini tidak bisa diaplikasikan ke semua halaman website sekaligus. Jenis CSS ini bisa digunakan untuk pembuatan elemen HTML dengan format khusus di halaman.

2. Internal CSS

Biasanya kode CSS ini dituliskan pada bagian header file HTML, yang mana untuk menentukan tampilan sebuah halaman. Internal CSS sendiri juga sangat membantu saat ingin membuat halaman website dengan tampilan berbeda dari lainnya.

3. External CSS

Adalah kode CSS yang diletakkan pada luar dokumen HTML sebagai file .css. Untuk jenis CSS ini memiliki fungsi mengatur tampilan semua halaman website yang diinginkan. Jadi bisa digunakan untuk mengatur tampilan di beberapa halaman sekaligus.

Demikianlah penjelasan mengenai CSS, fungsi dan jenis-jenisnya yang perlu diketahui. Dengan mengetahui pembahasan-pembahasan diatas maka tidak akan kebingungan lagi jika ingin membuat kode CSS atau menggunakan CSS yang mana.

Chat dengan kami melalui WhatsApp