Jenis Website Berdasar Fungsi Yang Bisa Dibuat Web Developer

Saat Anda membuka search engine untuk melakukan pencarian. Itu sama artinya dengan Anda membuka website. Namun masih saja ada banyak orang yang tahu apa itu website yang sebenarnya. Website sendiri merupakan kumpulan halaman di suatu domain. Yang mana dibuat dengan memiliki tujuan tertentu dan saling bertautan. Orang yang membuat website disebut dengan web developer. Dalam perkembangannya, website memiliki banyak jenis. Berdasarkan sifatnya, website dibagi menjadi dua yakni website statis dan dinamis. Sama seperti namanya, website statis merupakan website yang kontennya tidak berubah. Sedangkan untuk website dinamis merupakan website yang konten di dalamnya bisa berubah. Baik bertambah atau berkurang.

web developer

Jasa Pembuatan Web Bisa Membuat Website Jenis Ini

Berdasarkan platform, website dibagi menjadi tiga. Yakni CMS, website builder, dan coding. Selain berdasarkan sifat dan platform, masih ada satu lagi jenis website yang banyak diminati. Yaitu berdasarkan fungsi si website itu sendiri. Berikut ini ada beberapa jenis website berdasarkan fungsi yang bisa dibuat oleh web developer.

  1. Website Pribadi/Blog

Di awal tahun 2000-an, jenis website ini menjadi trend. Yang mana pemilik bisa menuliskan berbagai kisah pengalaman, cerita, perjalanan, pendapat, dan masih banyak lainnya. Saat Anda menulis cerita di blog atau website pribadi ini pun bisa dijadikan pekerjaan. Sekarang ini banyak blogger individu yang sukses dengan menuliskan cerita mereka di blog. Diantaranya adalah Diana Rikasari, Anak Jajan, Agus Mulyadi, dan masih banyak lainnya.

  1. Blog (Content Marketing)

Penggunaan website pribadi tidak terbatas dipakai sebagai jurnal pribadi saja. Tetapi juga bisa dimanfaatkan untuk alat content marketing. Hal ini bisa dilakukan dengan menuliskan artikel memakai kata kunci. Untuk memilih kata kunci ini sendiri pun tidak bisa asal-asalan. Pastikan untuk melakukan riset terlebih dahulu sebelum menuliskan artikel yang diinginkan.

  1. Ecommerce/Toko Online

Pihak web developer juga bisa membuat website ecommerce/toko online. Website ini dimaksudkan untuk mendapatkan omzet atau branding yang lebih banyak. Jadi meskipun sudah memiliki akun media sosial untuk berjualan, Anda tetap memerlukan website. Dengan adanya toko online ini, maka bisa mengarahkan calon konsumen untuk melakukan transaksi lewat website. Transaksi yang terjadi di toko online ini akan tercatat otomatis dan bisa melakukan evaluasi dengan bantuan Google Analytics.

  1. Website Perusahaan

Dengan adanya website, perusahaan akan semakin terlihat profesional dan bisa berdiri bersama kompetitor lainnya. Jadi meskipun perusahaan Anda tidak melakukan transaksi secara online, namun hal ini sudah membuktikan bahwa perusahaan tersebut memiliki kredibilitas tinggi. Adanya website untuk sebuah perusahaan juga memberikan nilai plus di banyak mata konsumen. Artinya konsumen tersebut bisa percaya dengan perusahaan yang akan diajak kerja sama tersebut.

  1. Website Berita

Tentunya Anda tidak asing dengan website kompas, detik, tribun dan masih banyak lainnya. Nah website-website tersebut memiliki tujuan untuk menyebarkan berita paling update dan benar-benar hot news. Karena itulah, media cetak sudah semakin tergeser sekarang ini. Namun bukan berarti tidak ada yang minat sama sekali dengan media cetak. Pihak web developer tentunya bisa membuat website berita ini sesuai permintaan klien.

  1. Komunitas Online

Sesuai dengan namanya, website ini memang diperuntukkan bagi komunitas-komunitas online. Dimana website komunitas online ini biasanya dimanfaatkan untuk membahas berbagai macam hal. Mulai dari mobil, motor, dan masih banyak lainnya. Salah satu website komunitas online yang terkenal adalah Good Reads, Kaskus, dan lainnya.

Chat dengan kami melalui WhatsApp